oleh

Lepas Kontingen Atlet dan Tim Paduan Suara, Gubsu: Sebut Tak Ada Kata Menyerah!

Medan, POL | Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melepas keberangkatan kontingen Provinsi Sumut yang akan mengikuti Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) X Tahun 2019 ke Bengkulu dan Tim Paduan Suara Consolatio Universitas Sumatera Utara (USU) yang akan mengikuti kompetisi Tolosa Choral Contest Spanyol 2019, di Aula Raja Inal Siregar, Lantai 2, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro No 30 Medan, Jumat (25/10/2019).

Memberi semangat, Gubernur mengatakan tidak ada kata menyerah dalam kompetisi. Ibarat menjadi prajurit, berkompetisi bagi atlet artinya memasuki medan perang. “Mau perang itu artinya siap mati. Tak ada kata menyerah, jadikan itu motivasi. Berusaha, berjuang, dan berdoa,” katanya memotivasi.

Menurut Edy Rahmayadi, persiapan merupakan persentase terbesar yang menjadi penentu kesiapan seseorang dalam menghadapi kompetisi. Kemudian, disusul dengan mental dan suporter. “Jadi kalau diibaratkan 100 %, 60 % itu persiapan, 30 % mental, dan 10 % adalah dukungan suporter.

“Saya doakan kalian juara umum di sana. Saya akan jadwalkan untuk datang dan mendukung kalian. Lakukan yang terbaik anak-anakku untuk Sumut. Sehingga, harum nama provinsi kita ini. Dua-duanya kalian yang ke Bengkulu dan Spanyol, selamat berjuang,” tuturnya.

Edy kemudian menampilkan video-video inspiratif yang menggambarkan perjuangan dalam berkompetisi. Salah satunya video atlet-atlet difabel yang mengikuti kompetisi olahraga. “Saudara kita yang tidak lengkap seperti kita saja tak mau menyerah, malu kalian kalau tidak maksimal,” ujarnya lantang.

Selain itu, Edy juga menayangkan master plan pembangunan Sport Center Sumut. Dirinya menargetkan pembangunan selesai sebelum pada tahun dirinya mengakhiri jabatan sebagai gubernur. Sehingga, Sumut siap menjadi tuan rumah PON 2024.

Ketua Kontingen Porwil Sumut Agung Sunarno menyampaikan bahwa persiapan untuk menghadapi Porwil telah dilaksanakan selama 8 bulan. Adapun kontingen Sumut yang akan berangkat total berumlah 248 orang, terdiri dari 160 atlet (101 putra dan 59 putri), 36 pelatih, 5 manajer, 47 official.

“Cabang olahraga yang diikuti ada 11, memperebutkan 167 emas, 167 perak, dan 222 perunnggu. Cabornya ialah atletik, renang, tinju, voli, kempo, bulu tangkis, panjat tebing, catur, muay thai, biliar, sepak bola,” jelas Agung.

Sementara itu, Ketua Consolatio USU Tony Siagian juga melaporkan kondisi tim paduan suaranya yang akan berangkat mengikuti 51st Tolosa Choral Contest di Tolosa Basque Country di Spanyol pada tanggal 31 Oktober hingga 3 November 2019.

“Rombongan berjumlah 36 orang dan kita akan berangkat besok, Pak. Lagu-lagu nusantara kami siapkan, dan yang paling utama tentu lagu-lagu asal Sumut. Kami akan berusaha menampilkan yang terbaik di Spanyol,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis menyampaikan ucapan terima kasih kepada gubernur yang telah melepas kontongan Sumut. “Mudah-mudahan kita doa bersama, agar kontingen yang berangkat meraih juara umum,” imbuhnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kadispora Sumut Baharudin Siagian, para ketua KONI kabupaten/kota se-Sumut, ketua pengurus cabor, pelatih, manajer, dan para atlet. (POL/W)

 

Berikan Komentar:

News Feed