oleh

Diwisuda Bersama Ratusan Purnawirawan TNI AD, Edy Rahmayadi: Pengabdian Terus Berlanjut

Magelang, POL | Sebanyak 172 Purnawira Perwira Tinggi (Pati) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) diwisuda, Senin (11/11/2019), di Lapangan Pancasila, Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah. Purnawira Pati yang diwisuda terdiri dari 1 Jenderal TNI, 12 Letjen TNI, 63 Mayjen TNI, dan 96 Brigjen TNI. Salah satunya Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Letjen TNI (Purn) Edy Rahmayadi.

Melewati pedang pora Taruna Akmil, para wisudawan didampingi istri maju satu per satu untuk menerima SK Purnawirawan yang diserahkan langsung Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa. Wisuda berlangsung khidmat dan diakhiri dengan ramah-tamah, ucapan selamat, dan foto bersama.

Edy Rahmayadi saat ditemui usai mengikuti wisuda mengaku sangat terharu. Ia mengenang masa-masa saat masih mengikuti pendidikan di Lembah Tidar Akmil Magelang, hingga lulus pada tahun 1985 dan kembali pada tahun 2010 menjabat sebagai Komandan Korem.

“Hari ini sangat berkesan bagi saya. Saya sangat terharu, karena 35 tahun saya menjadi seorang prajurit. Hari ini pengabdian saya sebagai prajurit untuk negara berakhir. Namun pengabdian saya pada negara akan terus berlanjut, melalui amanah yang saya emban saat ini sebagai Gubernur Sumut,” kata Edy Rahmayadi yang hadir bersama istri Nawal Edy Rahmayadi.

Sebagai alumni Akmil, Edy mengatakan akan terus menjaga nama baik tempatnya menempuh pendidikan. Dirinya berharap memasuki usia yang baru ke 62 tahun, Akmil Magelang akan terus melahirkan prajurit-prajurit tangguh yang setia membela dan mengabdi pada bangsa dan negara.

Edy kemudian menerima buku kenangan dari Direktorat Topografi Angkatan Darat (Dittopad) yang diserahkan langsung oleh KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa.

Temu Kangen

Sebelum diwisuda secara resmi, para Purnawira Pati juga disambut dalam acara Temu Kangen Wisuda Purnawira Pati TNI AD Tahun 2019, Minggu (10/11), di Lapangan Pancasila, Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah. Gubernur Akmil Mayor Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengalungkan bunga kepada salah satu perwakilan Purnawira Pati yakni Jenderal TNI (Purn) Mulyono. Kemudian, dilanjutkan dengan sambutan selamat datang.

“Selaku pribadi dan seluruh civitas Akmil, kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak-Bapak para Purnawirawan, tentunya kehadiran ini memberikan makna untuk bernostalgia bertemu kembali dengan rekan-rekan dan khususnya sangat dinanti-nantikan oleh kami-kami yang generasi muda,” ucap Gubernur Akmil Mayor Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Selain temu kangen, kehadiran Purnawira Pati, kata Dudung memberikan arti yang sangat berharga dan spesial. Karena, juga dirangkai dengan syukuran peringatan Akmil yang akan genap memasuki usia ke-62 tahun. “Kami mohon doa restu, semoga kami senantiasa mampu untuk mendidik dan mencetak pemimpin-pemimpin TNI AD di masa depan,” harapnya.

Sebelumnya, mewakili salah satu wisudawan Jenderal TNI (Purn) Mulyono mengucapkan terima kasih kepada KASAD, Gubernur Akmil, dan seluruh pihak terkait atas sambutan yang diterima oleh purnawira pati. Merasa bangga dan terhormat, Mulyono mengaku bahwa hari ini merupakan hari bersejarah sekaligus hari yang penuh nostalgia bagi seluruh purnawirawan. “Sekitar 30 tahun lebih, kami telah meninggalkan almamater, namun kenangan masih membekas hingga hari ini,” tuturnya.

Acara diakhiri dengan pembacaan ikrar wisuda purnawirawan yang dipandu oleh Jenderal TNI (Purn) Mulyono. Kemudian, acara ramah-tamah, hiburan dan ditutup dengan letupan kembang api sebagai tanda perpisahan wisudawan. Saat itu, dilakukan pula penyerahan Kartu Tanda Anggota (KTA) Purnawirawan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (PEPABRI), penyerahan KTA Persatuan Istri Purnawirawan (PERIP), penyerahan KTA Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD).

Turut hadir dalam acara temu kangen tersebut KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa, Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat Letnan Jenderal Tatang Sulaiman, Ketua Umum PEPABRI Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar, Ketua PPAD Letjen (Purn) Kiki Syahnakri, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Ny. Hetty Andika Perkasa, Wakil Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Ibu Dewi Tatang Sulaiman, pejabat dan civitas akademik Akmil Magelang. (POL/W)

 

Berikan Komentar:

News Feed