oleh

“Bersih-bersih Pasar”, Pasar Medan Deli Bersihkan Gorong-gorong

-Kota-189 Dibaca

Medan, POL | Geliat “Bersih-bersih” begitu  terasa di Pasar Medan Deli Jalan Palapa Pulo Brayan Medan dalam rangka menyemarakkan HUT ke 74 RI  sekaligus  menyukseskan program “Bersih-bersih Pasar” yang dicanangkan PD Pasar Medan.

“Selain melaksanakan aksi bersih pasar dengan melibatkan pedagang dan kepala lingkungan, kita juga memasang berbagai umbul-umbul dan spanduk HUT Kemerdekaan di sekitar pasar,” sebut Kepala Pasar Medan Deli Ikhwan Nasution, kemarin.

Ikhwan mengatakan, aksi bersih kali ini dilakukan menyahuti  program “Bersih-bersih Pasar” yang digaungkan PD Pasar Medan agar lingkungan pasar tradisonal yang dikelola pemko selalu dalam keadaan bersih sehingga pengunjung nyaman berbelanja.

Mengelola sekitar 400 pedagang di pasar tersebut, Ikhwan mengaku, terus melakukan komunikasi dengan para pedagang agar selalu memperhatikan kebersihan lingkungan di sekitar kios maupun stan dagangannya.

“Kita sebulan sekali juga selalu membersihkan gorong-gorong dan mengangkat kotorannya agar drainase lancar. Biasanya gotong royong ini kita lakukan siang menjelang sore hari agar tidak mengganggu aktivitas jual beli,” katanya.

Diakui Ikhwan partisipasi para pedagang Pasa Medan Deli, yang mayoritas pedagang ikan, amat positif dalam hal menjaga kebersihan lewat kegiatan gotong royong yang  dilakukakan sebulan sekali secara bergantian di antara pedagang.

Sebagai kepala pasar, Ikhwan sangat menyambut program “Bersih-bersih Pasar “ yang digelorakan PD Pasar Pasar. Makanya soal menjaga kebersihan selalu ia sampaikan kepada pedagang, bahkan melibatkan masyarakat.

“Apalagi kepala lingkungan  kita beri kepercayaan  untuk mengelola jaga malam pasar ini,” sebut Ikhwan yang memimpin beberapa karyawan serta petugas harian lepas dan petugas kebersihan di pasar tersebut.

Sebalumnya, Direktur Utama PD Pasar Kota Medan Rusdi Sinuraya dalam berbagai kesempatan selalu menekankan kepada kepala pasar agar senantiasa memperhatikan kebersihan lingkungan demi menciptakan kondisi pasar yang nyyman bagi pedagang maupun pembeli.

Rusdi berharap, seluruh pasar baik, yang dikelola pihak ketiga maupun PD Pasar Kota Medan berlomba-lomba mela­ku­kan pener­ti­­ban dan penataan serta kebersihan untuk men­jadi yang terbaik.

“Makanya ‘Pogram ‘Bersih-bersih Pasar’ ini setiap tahun kita laksanakan. Sasarannya untuk menjadikan ‘Pasar Sebagai Rumah Pedagang dan Milik Kita Bersama’. Dan program ini kita perlombakan,” katanya. (POL/isvan)

 

 

 

“Ada anggapan saat ini pasar adalah bagian dari beranda sebuah kota. Karena di sana tempat berkumpulnya orang-orang dari beragam status sosial dalam transaksi jual beli. Jadi perawatan pasar memang penting dilakukan. Jadi siapa saja yang datang merasa nyaman seolah berada di rumah sendiri,” kata Rusdi Sinuraya seraya menambahkan kalau program ini juga diperlombakan sekaitan dengan menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI.

program bersih pasar ini juga diperlombakan.

“ yang digelorakan ementara  menyambut Begitu juga

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berikan Komentar:

News Feed