oleh

Dua dari 7 Pelaku Curanmor Diringkus Polres Samosir

Samosir, POL | Rapin Darin (26) warga Percut Sei Tuan, Deli Serdang dan Oky Syahputra (19) warga Binjai harus meringkuk di dalam penjara sementara lima lagi teman mereka berinisial MFR, M, MF, SU dan OP masih buron polisi.

Penyebab, kasus tindak pidana pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di Kabupaten Samosir tepatnya di Desa Janji Raja, Kecamatan Sititio pada Rabu, 25 September 2019 sekira pukul 00.10 wib.

Hal ini terungkap pada pres release yang digelar Kepolisian Resort (Polres) Samosir menggelar press release kasus tindak pidana pencurian kendaraan bermotor (curanmor), Selasa (8/10/2019) petang, di Mapolres setempat.

Dijelaskan Kapolres Samosir, AKBP Muhammad Saleh, kasus pencurian ini bermula saat korban pemilik kendaraan Marianus Sitinjak (61) warga Desa Janji Raja, Kecamatan Sitio-tio, tengah bekerja melakukan penghijauan di sekitar perbukitan meminta bantuan rekannya Sahat Sibarani untuk dicarikan tenaga tambahan pekerja.

Sahat yang kemudian menghubungi RD datang ke lokasi pekerjaan di Desa Janji Raja dengan vmengajak 6 orang temannya OS, MFR, M, MF, SU dan OP untuk bekerja sejak 18 September lalu.

Namun baru seminggu bekerja sudah merasa jenuh, RD dan keenam rekannya sepakat untuk tidak lagi bekerja dan hendak pergi secara diam-diam tanpa diketahui Marianus Sitinjak.

“Niat mereka datang itu untuk bekerja. Namun 25 September dini harinya saat korban tidur, RD dan rekannya sepakat meninggalkan rumah dengan membawa pergi sepeda motor korban berikut HP (handphone) milik korban yang terletak diatas meja ruang tamu,” jelasnya.

Setelah dilakukan penyelidikan, Personel Sat Reskrim Samosir dipimpin Ipda Jonly HA Purba, pada Sabtu 5 Oktober 2019 lalu melakukan pengejaran kepada para tersangka.

Hasilnya, Polres Samosir berhasil menangkap 2 pelaku dari dua lokasi berbeda di wilayah kota Medan, sementara 5 pelaku lainnya masih diburu oleh polisi.

Penangkapan terhadap tersangka Rapin Darin dilakukan di Kampung Sei Dua, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deli Serdang. Sedangkan tersangkan Oky Syaputra dilakukan di KM 10 Binjai Kelurahan Sunggal, Medan Sunggal.

“Saat ditangkap pelaku RD dan OS, melakukan perlawanan terhadap petugas. Kita berikan tindakan tegas terukur, tembakan di bagian kaki pelaku. Untuk 5 pelaku lainnya masih terus dilakukan pengejaran,” sebut AKBP Muhammad Saleh.

Dari tangan RD dan OS, polisi menyita HP milik pelaku untuk proses pengembangan lebih lanjut tentang keberadaan rekannya. Namun barang bukti kendaraan yang dicuri berikut HP milik korban belum ditemukan.

Atas tindakan pelaku, kedua tersangka dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, ancaman hukuman 9 tahun penjara.(POL/SBS).

 

Berikan Komentar:

News Feed