oleh

Pemkab Samosir Dukung Program Penanaman Sejuta Pohon Poldasu

Samosir, POL | Kepolisian Daerah Sumatera Utara melakukan program penanaman sejuta pohon di Kawasan Danau Toba, termasuk di Kabupaten Samosir. Di Kabupaten Samosir penanaman dipusatkan di Arboretum Aek Natonang, Kecamatan Simanindo, Samosir, Selasa (15/09/2019).

Penanaman pohon yang diinisiasi Poldasu ini bertemakan “Sejuta pohon untuk masa depan, jangan wariskan air mata, tapi wariskanlah mata air.”

Hal ini merupakan wujud kepedulian terhadap lingkungan dan upaya mengembalikan kualitas lingkungan serta ekosistem Danau Toba menjadi lebih baik.

Juga merupakan langkah untuk membangun kesadaran dan kebersamaan masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang hijau di Kawasan Danau Toba.

Dalam kata sambutannya Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto SH.MH yang dibacakan oleh Kapolres Samosir AKBP M. Saleh, S.IK MM mengatakan, bahwa penanaman serentak sejuta pohon di Kawasan Danau Toba adalah tindakan penghijauan dan reboisasi.

Penghijauan, sambungnya merupakan program pemerintah yang harus didukung oleh masyarakat dan Pemerintah Daerah. Beberapa jenis bibit pohon yang ditanam yakni macadamia, pinus, mangga dan alpukat.

“Dengan penanaman sejuta pohon ini, diharapkan kepada masyarakat tidak lagi melakukan penebangan terhadap hutan yang berada di Kawasan Danau Toba. Jangan sampai terjadi lagi kebakaran hutan dan lahan yang bisa merugikan ekosistem lingkungan hidup dan perekonomian,” pesannya.

Bupati Samosir, Rapidin Simbolon yang hadir dalam kegiatan ini menjelaskan bahwa program penanaman sejuta pohon ini merupakan wujud sikap dan perilaku kita dalam memelihara bumi kita ini.

Pemerintah Kabupaten Samosir sendiri melalui Peraturan Bupati yang didalamnya telah mengatur untuk setiap minggu melakukan penanaman pohon dan gotong royong bersama.

Bupati Samosir juga sangat berterima kasih kepada Bapak Kapolda Sumut yang mencanangkan program ini yang kiranya akan membuahkan hasil kepada kita dan generasi berikutnya.

“Dengan penanaman sejuta pohon di Kawasan Kebun Raya Samosir ini juga sangat mendukung Pemerintah Kabupaten Samosir dalam menciptakan kawasan wisata Samosir yang benar-benar green, natural, dan sustainable. Mari kita sama-sama mendorong dan wujudkan agar Samosir benar-benar menjadi Negeri Indah Kepingan Surga,” ucap Bupati Samosir.

Turut Hadir Ketua DPRD, Wakil Bupati Samosir, Kapolres Samosir dan jajarannya, Kejari Samosir, Dandim 0210/TU, Pimpinan OPD dan Staff, Para Kabag/Kasat Polres Samosir, Para Kapolsek, Camat Simanindo, Kepala Desa Tanjungan, Pers, dan Para Siswa di Sekitar Objek Wisata Aek Natonang.(POL/SBS).

 

Berikan Komentar:

News Feed