oleh

Pemdes Pulau Rakyat Tua Gelar Sosialisasi Pertanian dan Peternakan

Asahan, POL | Dalam rangka untuk meningkatkan hasil pertanian dan peternakan secara maksimal maka Pemerintah Desa Pulau Rakyat Tua (PemDes) menggelar Sosialisasi Pertanian dan Peternakan kepada kelompok tani dan peternak, berlangsung di aula kantor Kepala Desa Pulau Rakyat Tua, Kecamatan Pulau Rakyat, Kabupaten Asahan, Kamis (7/11/2019).

Sosialisasi Pertanian dan Peternakan itu dibuka oleh Kepala Desa Pulau Rakyat Tua Hamzah Siagian, SH, dihadiri Camat Pulau Rakyat Aspihan, SH, Kapolsek Pulau Raja AKP Abdul Rahman Manurung, Banbin Kantibmas, Babinsa, UPT Dinas Peternakan Kecamatan Pulau Rakyat, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan para peserta sosialisasi dari kelompok Tani dan Peternak Desa Pulau Rakyat Tua.

Dalam sambutannya Hamzah Siagian menyampaikan, bahwa Desa Pulau Rakyat Tua termasuk daerah yang memiliki potensi produksi hasil pertanian terutama kelapa sawit dan peternakan seperti lembu dan kambing.

“Dikarenakan itu jugalah pemerintah desa telah mengajukan kelompok-kelompok petani dan peternak supaya mendapat bantuan bibit-bibit tanaman keras dan ternak, termasuk ternak domba untuk remaja kepada Pemerintah Kabupaten Asahan “ ujar Hamzah.

Lanjut Hamzah mengatakan di desanya tersebut terdapat 16 Kelompok, tiga kelompok diantaranya sudah berhasil mendapat bantuan tanaman keras berupa bibit pohon durian dan dua kelompok mendapat bantuan ternak sapi. Namun kendala yang dihadapi petani sulitnya lahan untuk bercocok tanam, yang ada hanya lahan tumpang sari.

” Demikian halnya dengan pertenak lembu untuk kebutuhan pakan rumput maupun mengangonnya masih mengandalkan lahan perkebunan ” ungkapnya.

Camat Pulau Rakyat Aspihan, SH dalam bimbingan dan arahannya mengatakan, bahwa  Kabupten Asahan sekarang ini sangat membutuhkan daging. Untuk mencapai swasembada daging ini, pemerintah membuat sejumlah kebijakan. Salah satunya yaitu dengan mendorong pertumbuhan populasi ternak sapi melalui Dinas Peternakan Kabupaten Asahan memerintahkan kepada masyarakat untuk dapat melaksanakan atau membuat kegiatan ternak sapi di desa masing-masing.

“Patut kita berterimakasih kepada bapak Bupati Asahan Surya, Bsc yang telah memberikan bantuan ternak kepada kelompok-kelompok di desa ini ” ucapnya.

Camat juga berharap pada Musrenbang Kabupaten Asahan yang akan datang agar kelompok kelompok yang belum mendapat bantuan untuk diusulkan kembali agar bisa mendapat bantuan ternak sapi, dan juga disamping itu rumah tidak layak huni.

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada kita semua bahwa gubernur sumatera utara telah melantik bapak Surya Bsc menjadi Bupati Asahan, bersama Sekda Kabupaten Asahan bapak Taufik mereka akan melaksanakan program-program Pemkab Asahan menjadikan Asahan masyarajat yang relegius, sehat cerdas dan mandiri ”

Sementara itu Budi selaku Penyuluhan Pertanian Lapangan (PPL) Desa Pulau Rakyat Tua menyampaikan tentang tata cara pembentukan Keompok Tani dan informasi pertanian. Sedangkan Abdul Gani dari UPT Dinas Peternakan Kecamatan Pulau Rakyat menyampaikan tentang tata cara pemeliharaan sapi dengan baik. (POL/PAI)

Berikan Komentar:

News Feed