oleh

Event Kalender HSF, Horja Bius Sukses Digelar

Samosir, POL | Event Horja Bius yang digelar Pemkab Samosir melalui Dinas Pariwisata selama dua hari, 29-30 November 2019 di Perkampungan Sigale Gale Tomok, sukses digelar.

Amatan di lokasi, tampak masyarakat Tomok dan wisatawan yang berkunjung antusiasme menyaksikan kegiatan yang kental dengan nuansa dan atraksi budaya Batak Toba ini.

Di hari kedua, even yang merupakan rangkaian kelender Horas Samosir Fiesta ini turut dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Samosir serta para pimpinan OPD.

Dalam sambutannya, Bupati Samosir, Rapidin Simbolon menyampaikan apresiasinya atas kegiatan tersebut. Terlebih sambutan positif masyarakat Tomok dalam mempertahankan tradisi budaya untuk memperkokoh ragam atraksi pariwisata dalam rangka meningkatkan arus kunjungan wisata.

“Dengan ditetapkannya Samosir, Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas dan diterimanya menjadi anggota Unesco Global Geopark, tentu penguatan budaya dan kearifan lokal adalah upaya yang sudah tepat, dan harus terus digali, dikelola dan direvitalisasi,” kata Rapidin.

Menurutnya, hal ini guna mendukung sustainability tourism. Dan kegiatan ini harus dikemas dengan lebih baik dan menarik pada masa-masa yang akan datang.

“Harapannya, pariwisata Samosir pada masa yang akan datang semoga semakin maju dan berdaya saing untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat Samosir,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, Pemerintah Kabupaten Samosir diberi kesempatan untuk manortor dengan masyarakat Tomok. Bupati dan Wakil Bupati dengan mengenakan adat khas Batak,  mamitta gondang, termasuk gondang “Hata Sopisik” yang disambut riuh dan bahagia oleh masyarakat Tomok dan seluruh panitia.

Tampak Rapidin Simbolon dan Juang Sinaga serta masyarakat yang hadir menikmati momen manotor bersama ini dengan penuh kebahagiaan.(POL/SBS).

 

Berikan Komentar:

News Feed